English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, September 17, 2012

Bab 1 : Dioda

Assallammualaikum wr. wb.
            Hari ini materinya " ELEKTRONIKA ANALOG " dan saya akan memostingkan BAB I : DIODA.sesuai dengan materi yang kini saya pelajari.
ayo mulai saja, simak bacaan di bawah ini.

BAB I : DIODA
Gambar DIODA secara umum

A. PENGERTIAN DIODA.
         Dioda atau diode adalah komponen elektronika yang mempunyai fungsi yang utama sebagai penyearah arus listrik dan terdiri dari 2 unsur yaitu unsur positif (+) dan unsur negatif (-).
Ada 3 macam Dioda (menurut yang dipelajari di kampus) :
  1. Dioda Penyearah.
  2. Dioda Photocell
  3. Dioda Pemancar Cahaya (LED)
1. Dioda Penyearah berfungsi untuk mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC). Penyearah ada dua macam, yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh. Penyearah setengah gelombang mamiliki nilai tegangan puncak input transformator.
2. Dioda Photocell berfungsi sebagai saklar otomatis, jika dalam kondisi gelap "ON" dan jika dalam kondisi terang "OFF".
3. Dioda Pemancar Cahaya (LED) berguna untuk dibuat lampu indikator (lampu LED), pancaran cahayanya dapat berwarna merah, hijau, kuning, dan tidak berwarna (infrared).

Gambar Dioda Photocell
Symbol Dioda Photocell

Gambar Dioda Pemancar Cahaya (LED)


Symbol dioda Pemancar cahaya (LED)




Karakteristik DIODA
Keterangan Gambar :
  1. Arus konfesional mengalir dari sumber positif menuju negatif melalui Dioda D1 kemudian melalui Rl, maka beban Rl akan "ON". hal yang demikian Dioda D1 dikatakan mengalami "FORWARD (Maju)", karena arah arus listrik tidak berlawanan dengan anak panah dioda.
  2. Arus konfesional mengalir dari sumber positif menuju negatif melalui Dioda D1 dan Rl, tetapi beban Rl tidak menyala karena dioda D1 mengalami "REVERSE (Mundur)", karena tidak mengalirkan arus listrik. karena arah arus listrik berlawanan dengan anak panah dioda.
  3. D1,D2 = FORWARD Rl = "ON"
  4. D1, D2 = "FORWARD" Rl = "ON"

3 comments:

  1. terima kasi banyak sebelumnya ya min ^^. artikel ini sangat berperan banyak pada hidup saya karena ini benar benar berguna, struktur dan tulisannya sangat rapi dan sangat mudah dimengerti, saya semakin paham juga atas ini semua. teruslah berkarya untuk anak bangsa , sukses selalu dan sehat selalu ^^
    bandarq terpercaya
    terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min

    ReplyDelete
  2. terima kasi banyak ya min. artikel ini memang berguna sekali dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya ^^ semoga anda sukses dan sehat selalu ya hehehehe.. numpang promo ya min
    bebasqq adalah situs poker online terbaik di Indonesia dan bandarq terpercaya
    *proses deposit/withdraw dibawah 1 menit
    *deposit 24 jam
    *tersedia bank bca,bni,bri,danamon,mandiri serta ovo
    *bonus rollingan mencapai 0,5%
    *bonus refferal 20%
    *cs yang ramah dan baik hati selama 24 jam
    *1 user id bisa memainkan 8 jenis permainan seperti aduq , bandarq , sakong , poker , bandar poker , bandar66 , dominoqq , dan capsa susun

    jangan lupa juga kunjungi website saya di :

    bebasqq

    terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min ^^

    ReplyDelete